8 Hal Wajib yang harus dilakukan Mahasiswa sebelum Melaksanakan Sidang Skripsi Online

sumber: studygram.tumblr.com

Seminar proposal sudah, penelitian juga sudah selesai. Proses selanjutnya yang harus dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan sidang skripsi. Sidang skripsi, pendadaran atau skripsi defense adalah ujian akhir penentu mahasiswa lulus atau tidak untuk melakukan wisuda.

Sidang ini bagaikan the last boss dalam sebuah permainan. Mau tidak mau seorang player harus menghadapinya jika ingin mission success.  Pastinya mahasiswa juga tidak ingin mengalami mission failure yang mengharuskan kalian mengulang level kan?

Sebelum melakukan sidang, ada beberapa hal wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa:

#1 Mendaftar Sidang

Tentu proses ini adalah awal dari proses sidang. Sebelum mendaftar ada baiknya mahasiswa sering tanya dan mencari informasi tentang pendaftaran sidang ke teman, dosen pembimbing, dan admin registrasi sidang. Biasanya di beberapa kampus mengharuskan mahasiswa mempersiapkan dokumen penting sebagai syarat mendaftar sidang. Uruslah kelengkapan dokumen itu jauh – jauh sebelum mendaftar, karena jika dokumen saja belum lengkap, ya kamu bisa jadi tidak bisa mendaftar sidang.

#2 Mengirim Manuskrip Skripsi

Nah, setelah mendaftar sidang kalian harus mengirimkan manuskrip kalian. Perlu diingat, sebelum mengirimkan skripsi kalian tersebut, wajib untuk mengecek kembali seluruh konten skripsi kalian. Kenapa ini harus dilakukan, karena ada beberapa kasus dimana skripsi mahasiswa memiliki banyak typo dan beberapa kerangka yang tidak lengkap. Jika kalian sampai teledor, siap – siap saja untuk dikritik oleh dosen karena konten kalian yang masih banyak kekurangan. Bagi mahasiswa yang ingin lebih siap lagi, biasanya ada dari mereka yang meminta jasa editor atau proofreader untuk mengoreksi ejaan, typo, dan tata Bahasa penulisan skripsi namun ini tidak wajib ya.

#3 Slides dan Latihan Presentasi

Sembari menunggu jadwal sidangmu keluar, segeralah untuk membuat slides presentasi dan berlatih. Slides presentasi tulislah secara singkat, padat, dan jelas dengan informasi yang umum. Diutamakan isi slides hanya memuat poin – poin saja, bukan dalam bentuk paragraph panjang.

Hal wajib yang harus dilakukan setelahnya adalah praktik presentasi. Perlu diingat bahwa presentasi memiliki waktu terbatas, idealnya tidak lebih dari 15 menit. Jangan latihan sehari sebelum sidang, karena time management dan lancarnya kalian berbicara saat presentasi sangat penting. Hal ini biasanya akan menjadi salah satu indikator kalian benar – benar sudah siap dan menguasai proses presentasi itu sendiri.

#4 Latihan Menjawab Pertanyaan

Rasanya tidak afdal jika kalian hanya latihan presentasi saja. Latihan menjawab pertanyaan dari dosen penguji juga menjadi penentu kalian menguasai materi atau tidak. Kalian bisa melihat konten youtube yang membahas tentang sidang dan catatlah kisi – kisi pertanyaan yang biasanya akan ditanyakan oleh dosen penguji. Ingat, jawaban kalian harus berdasarkan landasan teori atau hasil penelitian, bukan karena alasan pribadi ya, karena sidang skripsi ini memiliki konteks akademik yang sangat kuat.

#5 Simulasi Sidang Online dengan Teman

Hal wajib yang dilakukan jika kalian ingin benar – benar siap dengan sidang adalah melakukan simulasi sidang online dengan orang lain. Ajaklah salah satu teman kalian untuk dimintai menjadi penguji simulasi. Simulasi ini mampu membantu kalian yang masih merasa gaptek atau kesulitan ketika akan menggunakan aplikasi video conference, mulai dari cara mendapatkan link meeting, cara share screen, dan proses simulasi sidang online dari awal hingga akhir. Mintalah temanmu untuk menilai slides presentasi, menanyakan pertanyaan, dan feedback terhadap sidang kalian. Dengan ini, kalian bisa mempersiapkan sidang online kalian dengan lebih baik lagi. 

#6 Jangan Begadang

Besok sudah sidang nih, kalian begadang buat belajar? Jangan, justru dengan kalian banyak begadang hingga larut malam, kalian akan merasa sangat kelelahan, bisa bangun kesiangan, bahkan bangun tidak dalam kondisi fresh.  Jika ingin belajar lebih, tidurlah lebih awal dan bangunlah sebelum waktu subuh untuk belajar. Udara pagi yang segar dengan suasana sepi adalah situasi yang kondusif jika kalian ingin benar – benar fokus.

#7 Sarapan Sehat

Jangan lupa untuk sarapan ya dengan menu yang sehat dan bergizi. Biasanya ada mahasiswa yang memilih mengikuti sidang dalam perut kosong. Boleh – boleh saja, tapi ingat, kalian sidang dengan durasi dua jam, belum nanti dikritik habis – habisan dan diguyuri berbagai macam pertanyaan tajam. Sarapan di sini penting sebagai sumber energi dan amunisi bagi otak kalian. Jika kalian sudah berbekal energi dari menu pagimu, kalian akan lebih bisa berkonsentrasi dengan sidang kalian tanpa memikirkan perut lapar.

#8 Jaga Etika

Hal terakhir yang wajib dilakukan adalah menjaga etika sebelum, saat, dan sesudah sidang. Dimulai dari menggunakan pakaian yang rapi sesuai ketentuan acara, sudah siap 30 menit sebelum sidang online dimulai, menjaga tata krama ketika berbicara kepada seluruh dosen yang hadir, dan selalu mengucapkan terimakasih ketika diberi pertanyaan, diberi saran, dan setelah sidang selesai. Dengan menjaga etika, dosen akan memiliki impresi yang bagus dengan kalian. Well, probably they will go easy with you ketika menguji sidang online kalian. 

Hal tersebut di atas adalah hal wajib mahasiswa lakukan ketika kalian akan melakukan sidang skripsi. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan minta restu orang tua. Kalian sudah berusaha keras, serahkan sisanya kepada Tuhan. Percayalah bahwa penguji tidak akan menanyakan sesuatu di luar konteks skripsi kalian dan selalu semangat.

Leave a comment