6 Tips Mengurangi Stress saat Skripsian

sumber: society19.com

Skripsi adalah tugas akhir yang sering banyak ditakuti oleh mahasiswa, tak terkecuali mereka yang sudah berada di semester atas. Hal ini juga terbukti karena banyak sekali mahasiswa tingkat akhir di luar sana yang merasa stress dan depresi ketika mengerjakan skripsi.

Stress itu wajar terutama ketika sedang mengerjakan skripsi. Namun jika sudah mengalaminya, ada baiknya mahasiswa untuk berhenti sejenak dan melepas penat agar tidak mempengaruhi kesehatan mental dan kualitas skripsi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melepas penat dan mengurangi tingkat stress yang dialami ketika mengerjakan skripsi:

#1 Uninstall Instagram

Hal yang pertama untuk dilakukan adalah tidak membuka Instagram atau uninstall aplikasi ini selama periode mahasiswa mengerjakan skripsi. Ada beberapa alasan kenapa ini harus dilakukan. Banyak mahasiswa yang sudah melakukan seminar proposal, sidang, atau wisuda akan memamerkan momen tersebut di Instagram pribadi mereka.

Bagi mahasiswa yang belum mencapai fase tersebut, melihat momen seperti itu akan mempengaruhi mental kalian. Sebagian mahasiswa akan termotivasi melihat kesuksesan teman – temannya, namun tidak sedikit yang akan merasa tambah stress dan depresi melihat momen tersebut. Biasanya mereka akan merasa diri mereka gagal jika dibandingkan mereka yang sudah terlebih dulu menyelesaikan skripsi. Maka dari itu, mahasiswa yang merasa memiliki mental yang lemah bisa uninstall aplikasi ini untuk sementara. Jika kalian tidak ingin melakukan uninstall aplikasi, maka selalu alihkan pandangan kalian dari postingan dan status teman – teman kalian itu.

#2 Berpindah Tempat

Ada kalanya mengerjakan skripsi di satu tempat akan merasa membosankan dan akan mempengaruhi hasil tulisan skripsi kalian. Mengerjakan skripsi di kamar mungkin nyaman, namun jika perasaan bosan dan stuck sudah menyerang, ada baiknya untuk mengganti lokasi mengerjakan skripsi di tempat lain. Misalnya, sudut rumah yang sepi, perpustakaan, atau café.

Dengan suasana baru, mahasiswa biasanya akan merasa lebih nyaman dan segar. Hal ini akan membuat mereka lebih semangat dan lebih memiliki perasaan lebih fresh ketika mengerjakan skripsi. 

#3 Keluar untuk Refreshing

Sudah mengganti lokasi mengerjakan skripsi, namun perasaan stress dan penat masih ada. Mahasiswa bisa keluar dari rumah untuk sekedar menghirup udara segar. Jangan hanya berdiam diri di dalam kamar karena ruangan tertutup akan membuat kalian merasa sesak dan tidak nyaman.

Kalian bisa bersepeda keliling kompleks, jalan – jalan naik motor, atau mengajak orangtua kalian untuk makan di luar, dan mengobrol santai di rumah makan yang memiliki suasana asri. Kadang, apa yang diperlukan mahasiswa ketika sedang stress adalah perasaan bebas, baik itu jalan – jalan atau mengobrol ringan dengan orang tua. Tentu saja, topik bahasannya jangan skripsi ya. Kalian bisa berterus terang dan dengan lembut membicarakannya kepada orang tua bahwa untuk hari itu kalian hanya ingin refreshing tanpa membahas skripsi.

#4 Buat Jadwal

Hal ini perlu dilakukan agar kalian tetap ingat bahwa kalian memiliki tanggungjawab. Buatlah jadwal mengerjakan skripsi rutin setiap hari di waktu yang kalian pikir paling fokus. Jangan buat jadwal yang padat, satu hari satu jam asal rutin dilakukan setiap hari sudah cukup dilakukan bagi mahasiswa yang masih terkendala stress saat mengerjakan skripsi.

Kalian juga bisa menerapkan metode pomodoro saat mengerjakan skripsi, agar kalian tidak terlalu tertekan dan merasa sesak dalam mengerjakan skripsi.

#5 Olahraga

Aktivitas di pagi hari dengan udara yang masih sejuk juga bisa membantu mahasiswa untuk menjernihkan pikiran. Mengerjakan skripsi tidak hanya membutuhkan kesehatan mental saja, namun juga kesehatan fisik. Olahraga adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kalian. Jika tidak bisa dilakukan rutin setiap hari, kalian bisa melakukan olahraga di pagi hari dengan jogging dan pemanasan setiap beberapa hari sekali. Kalian bisa melakukannya sendiri, bersama dengan orangtua atau teman. Setelah selesai dari olahraga, kalian jangan lupa untuk sarapan untuk mengawali hari. Jajan di luar direkomendasi kan jika sedang bersama orang lain namun jika ingin berhemat, memasak sendiri di rumah bisa jadi suatu pilihan yang lebih baik.

#6 Luangkan Waktu untuk Hiburan

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah meluangkan waktu setidaknya 15 menit setiap harinya untuk hiburan favorit. Sumber hiburannya bisa berupa membaca webtoon, main game ponsel, atau menonton youtube. Perhatikan durasinya juga dan jangan sampai lupa waktu. Setelah memenuhi target waktu hiburan kalian, jangan lupa untuk menyingkirkan dan mematikan ponsel kalian saat kalian akan mengerjakan skripsi kalian lagi.

Enam hal di atas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mahasiswa merasa penat dan stress saat mengerjakan skripsi. Skripsi bukanlah suatu beban jika kalian bisa membagi waktu kapan kalian harus mengerjakan dan kapan kalian harus beristirahat. Jangan lupa, bahwa setelah mahasiswa lulus dari bangku perkuliahan, ada tantangan yang lebih besar yang akan selalu menanti kedatangan kalian.

Leave a comment