Qris SooltanPay Solusinya bagi Kamu yang Jarang Punya Uang Pas! 

Photo by Clay Banks on Unsplash

Qris SooltanPay Solusinya bagi Kamu yang Jarang Punya Uang Pas! 

Bayangkan kamu beli kopi seharga 24 ribu rupiah di sebuah cafe dan cafe nya hanya menerima uang pas, ternyata kamu hanya punya selembar uang 100 ribu rupiah, terus mbak – mbak nya merekomendasikan metode pembayaran cashless. 

Tapi nih, kamu sama sekali nggak punya kartu dan nggak punya e-wallet juga. 

Apa yang akan kamu lakuin? 

A. Tukar Uang dulu di tempat lain

B. Ngotot bayar pakai uang 100 ribu

C. Nggak jadi beli lah. 

D. ….. 

Apa yang akan kamu pilih? Pernah ngalamin pengalaman seperti itu nggak? 

Photo by Jonas Leupe on Unsplash

Kenapa pembayaran cashless penting 

Mungkin kamu pernah mengalami pengalaman kurang enak seperti di atas. Kalau kamu pilih tukar uang dulu ke tempat lain, pasti ada rasa malu banget apalagi harus balik ke tempat itu lagi.. 

Kalau kamu mau ngotot bayar pakai uang 100 ribu, tapi sistem uang pas udah kebijakan dari merchant nya dan mungkin ada juga mbak kasir yang sedikit ngotot minta kamu pakai metode cashless.

Kalau nggak jadi beli….. Duh beneran dikira nggak berduit ini, malu nya dibawa sampai ke jiwa raga. Pasti kamu nggak mau kan seperti itu. Karena jujur, Saya sendiri nggak mau mengalami kejadian seperti di atas (lagi). 

Maka dari itu, cashless payment menggunakan e-wallet bisa menjadi solusinya, misalnya menggunakan Qris.

sumber: sooltanpay.id

Apa itu Qris

Qris adalah standarisasi pembayaran menggunakan QR Code oleh Bank Indonesia agar pembayaran menjadi lebih mudah, aman, dan cepat (Bank Indonesia). 

Jadi kalau kamu sebagai konsumen yang ingin melakukan pembayaran, kamu bisa menggunakan fitur QR Code untuk melakukan pembayaran, tentu saja jika toko atau merchant tempatmu bertransaksi sudah memiliki Qris pada metode pembayarannya ya. 

Kenapa harus Qris 

Keuntungannya adalah Qris dapat menerima pembayaran dari mana saja. Hal ini memudahkan baik merchant maupun konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran ya. 

Contohnya hampir sama dengan cerita sebelumnya, jadi misalnya kamu adalah tipe yang jarang bawa uang pas tapi merchant nggak punya uang kembalian, ya bayar pakai Qris, sesuai dengan nominal yang tertera. 

Kamu pasti nggak mau kan kalau merchant nggak ada uang recehan, terus uang kembalian malah dikasih permen. Ya nggak? 

sumber: Bank Indonesia

Pertama kali pakai Qris untuk transaksi 

Ini adalah lanjutan dari cerita sebelumnya. Hanya saja saat itu Saya beli susu ya bukan kopi. Nah, karena Saya nggak ada uang pas dan mbak kasirnya sedikit ngotot harus pakai transaksi cashless akhirnya mau nggak mau Saya ya harus nurut. 

Jujur, sebelum pengalaman ini Saya memang belum pernah bertransaksi pakai Qris, pasti selalu cash, karena lebih umum gitu untuk Saya yang gaptek

Saya merasa terdesak dengan tatapan mbak kasir yang cukup membebani. Pada akhirnya saya mengeluarkan bendera putih dan menyerah. 

Lantas Saya mengeluarkan si ‘Oppa’ keluaran tahun 2019 yang sudah mulai lanjut usia. Apa yang terjadi? 

Ternyata saat itu Saya hanya ada m banking yang terinstall di hp. 

Pertanyaannya adalah saldonya cukup apa nggak? 

Maklum, Saya dulu adalah anak kos yang cukup sering berbelanja secara online (bukan hedon) dan kalau top up pun sering melalui dari m banking nya, jadi ya takut – takut sedap gitu kalau saldo nnggak cukup. 

Oh ternyata, Dewi Fortuna masih memihak Saya waktu itu. Saya meilihat saldo berisi 52 ribu rupiah dalam m banking.

Kalau dipikir – pikir, semua nya berawal dari pengalaman ‘pahit’ itu ya, e-wallet harus wajib ada plus cukup saldonya terutama bagi konsumen seperti Saya ini yang sering nggak punya uang pas. 

Ya supaya kejadian di atas tidak terulang kembali. 

Manfaat Qris bagi Saya … 

Cara buat Qris untuk merchant bisa melalui platform sooltanPay. Hal ini dilakukan agar memudahkan transaksi untuk konsumen dan merchant itu sendiri. 

Saya sendiri sebagai konsumen pernah belanja di warung kelontong dan karena nggak ada kembalian uang 1000 akhirnya hanya dikasih permen satu biji sebagai uang kembalian. Ini beneran loh, Saya yakin kamu pasti juga pernah mengalaminya. 

Pengalaman lain adalah sewaktu beli makan di sebuah warung makan pinggir jalan, karena nggak ada kembalian, pernah harus menunggu beberapa saat karena penjualnya pergi cari orang lain dulu untuk tukar uang. 

Bisa bayangin nggak?

#1 Alternatif pembayaran

Walaupun yang utama adalah uang cash, tapi sebagai konsumen Saya tetap harus memiliki cadangan untuk situasi yang mungkin tidak terduga. Kamu juga harus bersiap ya. 

#2 Cepat

Saya nggak perlu nunggu uang kembalian karena membayar sesuai dengan nominal saja. 

SooltanPay untuk pelaku usaha

SooltanPay adalah salah satu aplikasi yang bisa menjadi alternatif pembayaran Qris bagi pelaku usaha atau merchant. 

#1 Pelayanan lebih cepat

Tentu saja, karena konsumen hanya cukup melakukan scan QR Code sooltanPay mu dan selesai sudah, transaksi sukses.

Gimana menurutmu? Saya sendiri merasa senang kalau bisa membayar dengan nominal yang pas, tanpa kurang tanpa lebih dan tanpa menunggu lama. Nggak rugi kan?

#2 Data transaksi tersimpan

Keuntungan ini lah yang paling dibutuhkan bagi kamu pelaku usaha. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat seluruh data transaksi dan melakukan pengawasan serta laporan hasil penjualan. 

#3 Analisa laporan lebih praktis

Ternyata fitur ‘Produk Toko’ pada sooltanPay juga memungkinkan kamu untuk melakukan rekap data. Semua data transaksi secara otomatis terinput dalam database, jadi saat mengecek dan menganalisa bisnis pun semakin praktis. Nggak ribet. 

#4 Penarikan saldo real time

No drama, kamu sebagai pelaku usaha harus banget pakai sooltanPay karena bisa menarik saldo saat itu juga lho. Kalau kamu lagi butuh uang cash saat itu juga, kamu bisa tarik tunai langsung lho. 

#5 Tersedia top up dan tagihan 

Apa kamu berbisnis jualan pulsa? sooltanPay ini keren banget sih karena kamu bisa menggunakan transaksi disini untuk usahamu. Apalagi harga pulsa di aplikasi ini sangat murah. 

Lebih banyak untung nya kan?

#6 Bisa cetak Qris gratis

Siapa sih yang nggak suka gratis? Kabar baik bagi kamu yang pemilik usaha nih, kamu bisa lho cetak Qris gratis melalui sooltanPay Qris Statis. 

Kamu hanya perlu melakukan verifikasi akun untuk bisa mencetak Qris milik tokomu. 

Kalau bisa cetak sendiri, kamu bisa langsung tempel Qris untuk bisnis mu bukan? 

Buat Qris jangan lupa bagi kamu pemilik usaha. 

Saran untuk pemilik usaha

Sebenarnya ini Saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. 

Ada baiknya jika merchant tetap melayani pembayaran cash walaupun uang konsumen nominalnya besar, alias tetap harus menyediakan uang kembalian yang mencukupi jikalau dibutuhkan. 

#1 Konsumen mahasiswa

Terutama bagi pemilik merchant di sekitar kampus, Saya merekomendasikan agar menyiapkan uang receh sebagai kembalian. Ada beberapa alasan mahasiswa membayar menggunakan uang tunai. 

Tidak semua mahasiswa mempunyai e-wallet. Misalnya punya pun, saldo nya pun belum tentu ada, harus top up dahulu. 

Maka dari itu masih ada sebagian konsumen memilih menggunakan uang cash untuk bertransaksi daripada menggunakan metode cashless.

#2 Konsumen orangtua

Tidak semua konsumen itu tech-savvy, ada beberapa konsumen yang memilih pembayaran tunai karena memang sudah terbiasa saja. Semudah apapun proses nya, masih banyak yang belum terbiasa dengan metode menggunakan Qris atau e-wallet

Contohnya saya sendiri. Yah, Saya akhirnya mulai menggunakan Qris karena ‘belajar’ dari pengalaman.

Hanya saja, untuk sebagian konsumen sistem pembayaran tunai masih sangat diperlukan. Jadi Saya mohon untuk mempersiapkan uang kembalian, jikalau nanti ada pelanggan yang nominal uangnya besar.

*** 

Nah, itu tadi solusi Qris sooltanPay bagi yang jarang punya uang pas. Pakai Qris ternyata cukup mudah dan banyak sekali keuntungan yang bakal didapatkan bukan?

Sebagai konsumen, Saya mendukung sekali dengan adanya sistem pembayaran Qris. 

Kamu yang pemilik usaha, daftar sooltanPay segera! Ada Promo Akhir Tahun lho, buruan sebelum terlambat! Cek di sini

Yuk ikut lomba blog sooltanPay

Bagi kamu yang mau mengisi liburan akhir tahun dengan hal bermanfaat, bisa lho ikut lomba menulis blog dari sooltanPay. Bisa sebagai pelaku usaha, bisa juga sebagai konsumen. 

Selain ada hadiah menarik, kamu juga bisa asah kemampuan menulismu. 

Buruan gabung! Deadline mendekat nih! 

Sumber: 

Bank Indonesia 

sooltanPay Blog 

Leave a comment