5 Keunggulan Euro 5 dibanding Euro dibawahnya

Sumber: GMM

            Semua orang di sini setidaknya pernah mengendarai kendaraan bermotor atau mobil. Tapi pernahkah kalian merasa kesal ketika kalian mengendarai motor sering apes menghirup asap – asap hitam dari kendaraan bermesin diesel, terutama Mobil Truk? Sudah hitam asapnya, ketika menghirup mau pingsan rasanya.

            Tentunya semua pengendara di jalan pasti pernah mengalami hal itu setidaknya sekali. Sudah mengganggu pengendara lainnya, masih saja berdampak buruk bagi kesehatan yang menghirup.

            Belum lama ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan standar emisi Euro 4 untuk semua kendaraan bermesin diesel. Hal inilah yang membuat para produsen otomotif kendaraan bermesin diesel dan para distributor harus bersiap – siap dengan mengeluarkan unit kendaraan standar Euro 4. Hal ini juga lah yang dilakukan oleh GMM atau PT Gaya Makmur Mobil, namun bedanya mereka sudah selangkah lebih maju, yaitu dengan mengeluarkan unit truk emisi Euro 5.

            Ini dia keunggulan FAW Truk Euro 5 dibandingkan kelas Euro di bawahnya:

#1 Lebih Ramah Lingkungan

            Sistem Euro pada kendaraan mesin diesel itu berhubungan dengan masalah gas buang. Semakin tinggi nilai Euro, maka makin bersih gas buang yang dikeluarkan dari kendaraan. Hal ini terjadi karena adanya AdBlue. Adblue adalah cairan tidak berwarna yang terbuat dari urea dan air purifikasi guna menyaring gas buang yang akan dikeluarkan agar lebih bersih. Hal ini juga yang dikeluarkan oleh GMM dengan FAW Truk Euro 5 mereka. FAW Truk Euro 5 dari GMM memiliki kelebihan pengeluaran gas buang karbon monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NOx), Hidrokarbon, dan partikel lainnya yang lebih bersih. Dengan menggunakan Truk Euro 5, para pelaku usaha bisa berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan tentu saja tidak merugikan pengendara lainnya ketika di jalan.  

#2 Hemat Bahan Bakar

            Semakin bersih limbah gas buang, makin membuat mesin memililiki tingkat efisiesi bahan bakar lebih baik. Hal ini dipengaruhi oleh close loop SCR control. Close loop adalah suatu sistem yang memiliki sensor untuk mendeteksi jumlah kandungan oksigen setelah proses pembakaran. Hal ini bertujuan untuk membuat campuran bahan bakar selalu dalam batas ideal. Dengan ini, efisiensi mesin pada FAW Truk Euro 5 akan semakin baik yang juga membuat peningkatan efisiensi bahan bakar. Bagi para pelaku usaha logistik yang sering sekali mengirimkan barang ke berbagai provinsi produk Cargo Truck dari FAW sangat cocok karena lebih efisien bahan bakar.  

#3 Suara Mesin Lebih Halus dan Minim Getaran

            Suara mesin dan getaran kendaraan bermesin diesel, khususnya truk memang sering kali mengganggu pengendara lainnya karena bising. Hal ini terjadi karena mesin diesel tersebut biasanya memiliki kompresi lebih tinggi dibandingkan mesin berbahan bakar bensin. Tak jarang beberapa pelaku usaha masih harus melakukan tune up mobil agar suara mesin dan getaran pada truk mereka menjadi lebih halus. Namun hal merepotkan tidak perlu terjadi dengan FAW Truk Euro 5 karena teknologi standar emisi Euro 5 sudah pasti memiliki suara mesin yang lebih halus dan minim getaran. Bayangkan jika kalian seorang pengguna kendaraan bermotor yang bersebelahan dengan Mixer Truck atau Truk Pasir di lampu merah. Sudah besar badannya, ditambah bising mesin nya tentu akan membuat pengguna kendaraan lain merasa sedikit tidak nyaman. Tapi bagaimana jika Truk Molen yang kita temui memiliki suara mesin yang lebih halus dan minim getaran? Tentu ada perasaan sedikit lega karenanya.

#4 Ramah dengan Pengguna Jalan Lain

            Tentu saja ini sangat penting, yaitu ramah dengan pengguna. Bisa kita lihat dari penjelasan sebelumnya bahwa FAW Truk Euro 5 mengeluarkan gas buang yang lebih bersih karena AdBlue. Pengguna jalan lain pun tidak akan dirugikan kesehatannya karena asap yang kotor. FAW Truk Euro 5 tidak akan mengganggu pengguna jalan lain ketika sedang berhenti di lampu merah karena suara mesin lebih halus dan minim getaran. Salah satu produknya adalah Dump Truck mulai dari ukuran 6×4 bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha berdasarkan kebutuhan dengan torsi besar namun lebih hemat bahan bakar. Truk jenis ini bisa digunakan di sektor pertambangan, perkebunan, dan konstruksi.

#5 Harga Lebih Murah

            Hal lain yang tak kalah penting adalah bahwa FAW Truk Euro 5 adalah best deal. Dengan teknologi terbaru dan lebih mutakhir, FAW Truck Euro 5 sudah bisa dibandrol dengan harga mulai dari 1 Milyar rupiah. Terkesan mahal memang, tapi dengan harga tersebut apa yang sudah bisa didapatkan? Selain produk – produk truk yang sudah dijelaskan sebelumnya, GMM juga menawarkan produk Tractor Head konfigurasi penggerak belakang sebagai penarik trailers. Untuk harga lebih jelasnya, para calon pembeli bisa mengecek publikasi di akun Instagram resmi GMM di @gayamakmurmobil atau menghubungi akun WhatsApp resmi GMM disini. Bukan hanya itu saja, GMM juga melayani after sales service atau layanan purna jual yang sangat berguna bagi para pelaku usaha dan instansi lainnya.

            Itulah 5 keunggulan Euro 5 dibandingkan sistem Euro di bawahnya. GMM juga akan mengikuti pameran otomotif The 20th International Mining Indonesia Recovery Exhibition 2022 dari 14 – 17 September di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Bagi para pelaku usaha yang tertarik dengan produk FAW Truck atau yang masih penasaran dengan Truck Euro 5, kalian bisa mengunjungi pameran ini secara gratis di booth 14 Outdoor (di depan Hall B2). Jangan lupa datang dan buktikan keunggulannya.

Referensi:

a.n. (2021). 5 cara menghaluskan suara mesin mobil diesel agar tidak bising. Kursusmengemudi.id. Diakses dari https://kursusmengemudi.id/belajar-mengemudi/5-cara-menghaluskan-suara-mesin-mobil-diesel-agar-tidak-bising/#Cara_Menghaluskan_Suara_Mesin_Mobil_Diesel   

Pradana, S. (2017). Keuntungan menggunakan BBM euro 4 dan euro 5. Kumparan.com. Diakses di  https://kumparan.com/surya-pradana/keuntungan-menggunakan-bbm-euro-4-dan-euro-5

R. W. D. (2018). Teknologi penghemat bahan bakar di mesin mobil. Gridoto.com. Diakses di https://www.gridoto.com/read/221021491/teknologi-penghemat-bahan-bakar-di-mesin-mobil?page=2

Website Resmi GMM

Wirawan, A. H. (2019). Mengenal adblue, cairan doping mesin diesel modern. Gridoto.com. Diakses di https://www.gridoto.com/read/221650292/mengenal-adblue-cairan-doping-mesin-diesel-modern

Jangan lupa ikutan!

Leave a comment